Facebook sebagai salah satu media
sosial online sudah menjadi makin besar beberapa tahun terakhir ini. Fakta
menunjukkan bahwa populasi facebook ibarat sebuah Negara maka akan menjadi
Negara terbesar ketiga jumlah populasinya didunia. Fakta ini merupakan peluang
bagi para pebisnis online untuk menawarkan semua produknya baik jasa maupun
produk real.
Berikut ini beberapa fakta dan data
facebook yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan promosi bisnis kita:
Ø PHOTO
Kiriman
photo atau gambar akan mendapatkan 39% lebih tinggi interaksinya di facebook
daripada postingan lain.
Ø 80 Karakter
Kiriman
dengan jumlah 80 karakter atau kurang akan menerima 23% interaksi lebih tinggi
daripada kiriman dengan karakter yang panjang. Yang ada kenyataannya 75%
postingan selalu melebihi panjang optimal ini untuk promosi bisnis J
Ø 48 % Like
Ajakan
paling efektif di facebook adalah like, share, dan caption this yaitu sekitar
48% interaksinya dari pada kata-kata, klik, comment, submit, check dan shop
yang lebih rendah interaksinya.
Ø 7 X
Kiriman
yang mengandung ajakan untuk share ataupun like akan terlihat 7 kali lebih
tinggi dan baik interaksinya daripada kiriman yang tanpa ajakan.
Ø 3,3 X
Saat
kiriman mengandung ajakan untuk comment suatu postingan maka akan ada 3,3 X
comment yang lebih banyak daripada kiriman yang tanpa ajakan.
Ø 3 X
Jika
kiriman mengandung ajakan untuk like suatu postingan maka akan meningkat 3 X
like dari pengunjung facebook.
Ø 68%
Kiriman
dengan menggunakan keyword “Winner” (pemenang) akan meningkat 68% interaksinya
daripada rata-rata.
Ø 46%
Kiriman dengan menggunakan keyword
WIN (Menang) akan meningkat 46% interaksinya daripada rata-rata.
Ø 42%
Kiriman
dengan menggunakan keyword GIVEAWAY (Hadiah/gratis) akan meningkat 46%
interaksinya daripada rata-rata.
Ø 68%
Kiriman
URL yang panjang dan lengkap akan meningkatkan interaksi 68% lebih tinggi dari
pada URL yang di shortened, atau dipendekkan. Hal ini dikarenakan pengunjung
menyukai kejelasan link yang akan dimasuki.
Ø 92%
Kiriman
yang mengandung pertanyaan akan meningkat 92% interaksinya karena pengunjung
suka jika pendapatnya menjadi bahan pertimbangan.
Ø 15%
Kiriman
yang mengandung pertanyaan pada akhir postingan akan meningkat 15% interaksinya
daripada kiriman dengan pertanyaan yang terletak ditengah postingan.
Ø 100%
Kiriman yang mengandung pertanyaan
pada akhir postingan akan meningkatkan 2X comment lebih banyak daripada kiriman
dengan pertanyaan yang terletak ditengah postingan.
Ø 4X
Menggunakan strategi “isilah
titik-titik berikut ini” untuk menambahkan kata-kata atau phrase mereka sendiri
akan meningkatkan comment 4X daripada yang tidak melakukannya, cara ini bagus untuk
meningkatkan dialog atau pendapat konsumen atas brand atau produk yang
ditawarkan.
Semua data diatas bersumber dari
buddy media analyzed selama tahun 2012, tentu saja data diatas tidak absolute
benar.. akan ada banyak faktor dan cara berinteraksi di media social facebook.
Trend komunitas dan budaya masing-masing orang akan sangat mempengaruhi
interaksi di facebook.
Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan
bahan pertimbangan.. happy posting J Belajar bisnis online :)
0 komentar:
Posting Komentar