Fakta Facebook





Facebook sebagai salah satu media sosial online sudah menjadi makin besar beberapa tahun terakhir ini. Fakta menunjukkan bahwa populasi facebook ibarat sebuah Negara maka akan menjadi Negara terbesar ketiga jumlah populasinya didunia. Fakta ini merupakan peluang bagi para pebisnis online untuk menawarkan semua produknya baik jasa maupun produk real.
Berikut ini beberapa fakta dan data facebook yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan promosi bisnis kita:
Ø  PHOTO

Kiriman photo atau gambar akan mendapatkan 39% lebih tinggi interaksinya di facebook daripada postingan lain.
Ø  80 Karakter
Kiriman dengan jumlah 80 karakter atau kurang akan menerima 23% interaksi lebih tinggi daripada kiriman dengan karakter yang panjang. Yang ada kenyataannya 75% postingan selalu melebihi panjang optimal ini untuk promosi bisnis J
Ø  48 % Like
Ajakan paling efektif di facebook adalah like, share, dan caption this yaitu sekitar 48% interaksinya dari pada kata-kata, klik, comment, submit, check dan shop yang lebih rendah interaksinya.
Ø  7 X
Kiriman yang mengandung ajakan untuk share ataupun like akan terlihat 7 kali lebih tinggi dan baik interaksinya daripada kiriman yang tanpa ajakan.
Ø  3,3 X
Saat kiriman mengandung ajakan untuk comment suatu postingan maka akan ada 3,3 X comment yang lebih banyak daripada kiriman yang tanpa ajakan.
Ø  3 X
Jika kiriman mengandung ajakan untuk like suatu postingan maka akan meningkat 3 X like dari pengunjung facebook.
Ø  68%
Kiriman dengan menggunakan keyword “Winner” (pemenang) akan meningkat 68% interaksinya daripada rata-rata.
Ø 46%
Kiriman dengan menggunakan keyword WIN (Menang) akan meningkat 46% interaksinya daripada rata-rata.
Ø  42%
Kiriman dengan menggunakan keyword GIVEAWAY (Hadiah/gratis) akan meningkat 46% interaksinya daripada rata-rata.
Ø  68%
Kiriman URL yang panjang dan lengkap akan meningkatkan interaksi 68% lebih tinggi dari pada URL yang di shortened, atau dipendekkan. Hal ini dikarenakan pengunjung menyukai kejelasan link yang akan dimasuki.
Ø  92%
Kiriman yang mengandung pertanyaan akan meningkat 92% interaksinya karena pengunjung suka jika pendapatnya menjadi bahan pertimbangan.
Ø  15%
Kiriman yang mengandung pertanyaan pada akhir postingan akan meningkat 15% interaksinya daripada kiriman dengan pertanyaan yang terletak ditengah postingan.
Ø  100%
Kiriman yang mengandung pertanyaan pada akhir postingan akan meningkatkan 2X comment lebih banyak daripada kiriman dengan pertanyaan yang terletak ditengah postingan.
Ø  4X
Menggunakan strategi “isilah titik-titik berikut ini” untuk menambahkan kata-kata atau phrase mereka sendiri akan meningkatkan comment 4X daripada yang tidak melakukannya, cara ini bagus untuk meningkatkan dialog atau pendapat konsumen atas brand atau produk yang ditawarkan.
Semua data diatas bersumber dari buddy media analyzed selama tahun 2012, tentu saja data diatas tidak absolute benar.. akan ada banyak faktor dan cara berinteraksi di media social facebook. Trend komunitas dan budaya masing-masing orang akan sangat mempengaruhi interaksi di facebook.
Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan pertimbangan.. happy posting J Belajar bisnis online :)






0 komentar: