Tips Beriklan




Pada setiap bisnis beriklan atau berpromo merupakan suatu aspek penting agar bisnis berkembang, cepat terkenal dan mendatangkan banyak pembeli.  Terutama dalam bisnis online maka praktek beriklan merupakan suatu keharusan.  Agar suatu iklan dapat mendatangkan semua tujuan dalam beriklan tersebut maka perlu untuk memperhatikan aspek-aspek dalam iklan.  Aspek-aspek dalam iklan setahu saya menjadi kunci penting agar iklan tersebut menarik serta mengarahkan calon customer untuk melakukan semua hal yang ada dalam isi iklan. Calon konsumen bisa diarahkan untuk membeli produk, Bergabung dalam team,
mendatangi suatu event ataupun memilih sosok pemimpin dan bintang.


Aspek-aspek iklan itu diantaranya adalah:
~Materi Iklan
~Media Iklan
~Budget
~Waktu iklan
~Publisher atau penyedia jasa periklanan


Materi Iklan, beriklan secara offline maupun online dibutuhkan materi iklan yang terdiri atas Kata-kata, banner dan alamat atau link web. Kata-kata dalam beriklan seharusnya dipilih yang membuat pembaca iklan paham dan penasaran. Oleh karena itu kata-kata dalam iklan seharusnya singkat, padat, cerdas dan informatif, tidak bertele-tele ataupun muluk-muluk. Banner ataupun photo iklan juga seharusnya dipilih warna2 yang menarik dan tidak terlalu banyak warna sehingga kata2 dalam banner  bisa terbaca. Sedangkan alamat ataupun link web juga harus terdiri dari nama dan alamat serta email maupun nomer telephone pengiklan, agar memudahkan calon konsumen menghubungi. Khusus untuk link web bisa diarahkan ke web yang memang bertujuan sama dengan banner iklan yaitu memberikan informasi yang singkat, padat, jelas dan menarik.


Media Iklan, dalam beriklan pemilihan media iklan ini menjadi pertimbangan khusus dengan melirik target pasar. Media iklan dapat berupa Koran, radio, televisi maupun internet. Sedangkan Spanduk, Flyer ataupun kartu nama juga merupakan media iklan yang bisa dipilih untuk melakukan promo bisnis. Dalam media iklan ini dalam berpromosi juga  harus  memperhitungkan panca indera, jadi apabila produk harus dicoba aroma, rasa, bunyi dan kenampakan maka tester atau contoh produk juga merupakan media iklan yang bagus.


Budget Iklan, Pemilihan budget iklan merupakan aspek penting untuk berhasil tidaknya suatu iklan, karena semakin besar dana yang dibutuhkan maka akan menghasilkan target konsumen yang lebih besar. Ada juga iklan yang gratis dan tanpa bayar jasa pemasangannya namun dibutuhkan tenaga lebih dalam melakukan proses berpromo :D. 


Waktu Iklan, Dalam beriklan waktu juga menjadi aspek penting dalam berpromo terutama dalam media iklan elektronik, hal ini karena ada waktu-waktu dalam 24 jam dimana target pasar akan sangat tinggi sehingga pembaca iklan juga tinggi dan ada juga yang tidak ada sama sekali. Pemilihan Bulan dan hari juga penting disesuaikan dengan tren pasar saat itu. 


Publisher,  Penyedia jasa periklannan sangat beragam sekali sesuai media iklan yang dipilih. Yang sangat penting diperhatikan adalah seberapa banyak suatu publisher mendatangkan konsumen terhadap iklan kita. Cara itu dapat diliat dari rating dan traffic penyedia jasa iklan. Namun belum tentu tingginya traffic dan rating penyedia iklan dapat menghasilkan ratio iklan kita yang bagus atau mendatangkan banyak konsumen, jadi.. coba, coba dan terus mencoba. Paling tidak dengan berbekal aspek iklan diatas kita meminimalkan kegagalan dalam iklan.


HAPPY ADVERTISING ALL..


0 komentar: