Pada setiap bisnis beriklan atau berpromo merupakan suatu
aspek penting agar bisnis berkembang, cepat terkenal dan mendatangkan banyak
pembeli. Terutama dalam bisnis online
maka praktek beriklan merupakan suatu keharusan. Agar suatu iklan dapat mendatangkan semua
tujuan dalam beriklan tersebut maka perlu untuk memperhatikan aspek-aspek dalam
iklan. Aspek-aspek dalam iklan setahu
saya menjadi kunci penting agar iklan tersebut menarik serta mengarahkan calon
customer untuk melakukan semua hal yang ada dalam isi iklan. Calon konsumen bisa
diarahkan untuk membeli produk, Bergabung dalam team,
mendatangi suatu event ataupun
memilih sosok pemimpin dan bintang.
Aspek-aspek iklan itu diantaranya adalah:
~Materi Iklan~Media Iklan
~Budget
~Waktu iklan
~Publisher atau penyedia jasa periklanan
Materi Iklan, beriklan
secara offline maupun online dibutuhkan materi iklan yang terdiri atas
Kata-kata, banner dan alamat atau link web. Kata-kata dalam beriklan seharusnya
dipilih yang membuat pembaca iklan paham dan penasaran. Oleh karena itu
kata-kata dalam iklan seharusnya singkat, padat, cerdas dan informatif, tidak
bertele-tele ataupun muluk-muluk. Banner ataupun photo iklan juga seharusnya
dipilih warna2 yang menarik dan tidak terlalu banyak warna sehingga kata2 dalam
banner bisa terbaca. Sedangkan alamat ataupun
link web juga harus terdiri dari nama dan alamat serta email maupun nomer
telephone pengiklan, agar memudahkan calon konsumen menghubungi. Khusus untuk
link web bisa diarahkan ke web yang memang bertujuan sama dengan banner iklan
yaitu memberikan informasi yang singkat, padat, jelas dan menarik.
Media Iklan,
dalam beriklan pemilihan media iklan ini menjadi pertimbangan khusus dengan
melirik target pasar. Media iklan dapat berupa Koran, radio, televisi maupun internet.
Sedangkan Spanduk, Flyer ataupun kartu nama juga merupakan media iklan yang
bisa dipilih untuk melakukan promo bisnis. Dalam media iklan ini dalam
berpromosi juga harus memperhitungkan panca indera, jadi apabila
produk harus dicoba aroma, rasa, bunyi dan kenampakan maka tester atau contoh
produk juga merupakan media iklan yang bagus.
Budget Iklan, Pemilihan
budget iklan merupakan aspek penting untuk berhasil tidaknya suatu iklan,
karena semakin besar dana yang dibutuhkan maka akan menghasilkan target konsumen
yang lebih besar. Ada juga iklan yang gratis dan tanpa bayar jasa pemasangannya
namun dibutuhkan tenaga lebih dalam melakukan proses berpromo :D.
Waktu Iklan, Dalam
beriklan waktu juga menjadi aspek penting dalam berpromo terutama dalam media
iklan elektronik, hal ini karena ada waktu-waktu dalam 24 jam dimana target
pasar akan sangat tinggi sehingga pembaca iklan juga tinggi dan ada juga yang
tidak ada sama sekali. Pemilihan Bulan dan hari juga penting disesuaikan dengan
tren pasar saat itu.
Publisher, Penyedia jasa periklannan sangat beragam
sekali sesuai media iklan yang dipilih. Yang sangat penting diperhatikan adalah
seberapa banyak suatu publisher mendatangkan konsumen terhadap iklan kita. Cara
itu dapat diliat dari rating dan traffic penyedia jasa iklan. Namun belum tentu
tingginya traffic dan rating penyedia iklan dapat menghasilkan ratio iklan kita
yang bagus atau mendatangkan banyak konsumen, jadi.. coba, coba dan terus
mencoba. Paling tidak dengan berbekal aspek iklan diatas kita meminimalkan
kegagalan dalam iklan.
HAPPY ADVERTISING ALL..
0 komentar:
Posting Komentar